Rabu, 20 April 2011

APA GUNA SIDIK JARI KITA ?


TAHUKAH KALIAN?
sidik jari kita berguna sebagai tanda pengenal/ identitas . sehingga sering digunakan untuk kepentingan farensik. apalagi  sidik jari akan tetap ada dan tidak akan berubah seumur hidup kita . namun pasti berbeda-beda untuk tiap orang. selain itu,sidik jari kita sebenarya membuat tangan kita tidak licin ketika memegang/ memanjat sesuatu . berkat sidk jari pula, kita dapat memanjat pohon.
semirip apa pun anak kembar identik ,pola sidik jari mereka tentu berbeda. ada tiga pola utama sidik jari , yaitu lingkarang, ikal ,lengkung. sebenarnya sidik jari tidak  sungguh-sungguh terbentuk dalam kulit. tetapi oleh tonjolan dalam daging yang berada di bawah kulit. sidi jari sudah terbentuk sejak kita masih dalam kandungan ,dalam perkembangan tangan .selain itu ,sidik jari di kaki kita memiliki pola yan sama dengan sidik jari di tangan kita . di ujung jari kita terdapat kelenjar keringat yang terbuka,sehingga pada saat kita menyentuh benda, sidik jari akan meninggal jejak disitu.sebelum sepatu ditemukan, kita membutuhkan garis-garis kasar di bawah kaki ini ,untuk mencegah kita terpeleset ketika berjalan ataupun berlari .

AMAZING FACT !
hewan tertentu perlu mencengkram makanan yang bergelantungan di pohon tempat mereka tinggal, misalnya tupai dan monyet.karena itu, mereka juga dikarunai tangan dan kaki dengan sidik jari berupa kerutan dan garis-garis.


sumber: buku biologi 


by: fariana nur santi 

0 komentar:

Posting Komentar