Selasa, 21 Juni 2011

Apa Yang Menentukan Warna Awan?

Warna awan terutama tergantung pada hubungan awan dengan cahaya matahari. Dalam beberapa hal, warna juga tergantung pada warna langit di sekitarnya.

Apabila awan meliputi keseluruhan area langit yang kasat mata, ketebalan awan akan menentukan warna awan; semakin tebal warnanya semakin gelap. Bila sinar matahari menimpa awan, air di dalam awan dapat memantulkan sinar matahari atau menyerapnya. Efeknya akan menipiskan atau mencairkan kekuatan cahaya matahari yang menembus awan.

Jika panjang gelombang sinar tampak dari matahari, didalam spektrum sinar merah hingga lembayung, sinar tersebut tidak akan ditahan melainkan terpencar sescara mereata, hasilnya adalah sinar putih. Jadi, apabila matahari beersinar dan awan tidak menutupi matahari, pada umumnya awan akan berwarna putih.

Kadang-kadang partikel-partikel di dalam atmosfer dan sudut lintaan yang dilalui sinar matahari dapat menghasilkan penyebaran panjang gelombang, ssehingga partikel-partikel warna tertentu, misalnya warna emas, menonjol di dalam awan. Dengan alasan yang sama warna langit didominasi warna biru, karena panjang warna biru paling banyak dihamburkan.

Di lain waktu, ketika langit berwarna orange misanya, sebagian sinar tersebut akan dipantulkan ke awan seperti cahaya orange yang menyinari cermin, sehingga awan tampak orange.

Sumber: Buku Tahukah Kamu...?


Amalia Aswin

0 komentar:

Poskan Komentar