Selasa, 21 Juni 2011

Zat Makanan

Manusia sebagai makhluk hidup memerlukan makanan, makanan yang kita makan mengandung bahan-bahan kimia yang diperlukan tubuh kita. Bahan-bahan kimia yang diperlukan tubuh kita. Bahan-bahan kimia yang terdapat pada makanan sebagai berikut.

Nasi sebagai karbohidrat
1. Karbohidrat
Karbohidrat pada makanan mengandung unsur karbon (C), hidrogen (H) dan oksigen (O), yang berfungsi sebagai sumber energi. (1 gr karbohidrat = 4,1 kkal).

2. Lemak atau Lipid
Mengandung unsur karbon (C), hidrogen (H), dan oksigen (O). Rantai karbon pada lemak lebih panjang dan kurang oksigen, sehingga saat oksidasi menghasilkan energi lebih tinggi. (1 gr lemak = 9,4 kkal).

Protein didalam telur
3. Protein
Mengandung unsur karbon (C), hidrogen (H) dan oksigen (O), kadang-kadang belerang (S), dan pospor (P). Protein berfungsi sebagai zat pembangun tubuh, pelindung, pengatur, dan sumber energi. (1 gr protein = 4,1 kkal).


4. Vitamin
Mengandung unsur karbon (C), hidrogen (H) dan oksigen (O), kadang-kadang belerang (S) dan pospor (P). Berfungsi sebagai zat pelindung dan pengatur tubuh.


5. Mineral
Unsur mineral dibagi menjadi dua golongan sebagai berikut.
  • Unsur makro (makroelemen), diperlukan tubuh dalam jumlah banyak, yaitu natrium (N), kalium (K), kalsium (Ca), magnesium (Mg), klor (Cl) dan belerang (S).
  • Unsur-unsur mikro (mikroelemen), diperlukan oleh tubuh dalam jumlah sedikit, yaitu besi (Fe), yodium (I), fluor (F), tembaga (cu), mangan (Mn), kromium (Cr), kobalt (Co), molibdenum (Mo), dan selenium (Se).
6. Air
Air yang kita minum sehari-hari

Mengandung unsur hidrogen (H) dan oksigen (O). Di dalam tubh, air berfungsi sebagai pelarut berbagai zat dan mengatur suhu.

Sumber: Buku Intisari Ipa Kimia SMP


Amalia Aswin

0 komentar:

Posting Komentar