Jumat, 19 November 2010

jaringan tumbuhan dan fungsinya

hai guy, apakah kalian masih mengingat tentang jaringan tumbuhan ?kalau kalian lupa ,saya akan menjelaskannya dan lebih lanjut .pastinya anak-anak kelas 8 telah mempelajari jaringan tumbuhan .ada  beberapa macam jaringan yang terdapat dalam tumbuhan yaitu sebagai berikut 
  1. jaringan meristem
  2. jaringan epidermis (pelindung)
  3. jaringan pengangkut 
  4. jaringan penyokong ,dan
  5. jaringan parenkim (dasar)
1. jaringan meristem 
jaringan ini adalah jaringan yang muda lho..yang sel-selnya selalu aktif membelah diri untuk membentuk struktur primer pada tumbuhan .biasanya jaringan ini terdapat pada ujung akar maupun ujung batang.
Berdasarkan letaknya pada batang ada 3 jenis meristem yaitu :
a). meristem ujung (apikal)
adalah meristem yang  menghasilkan sel-sel untuk tumbuh memanjang disebut juga pertumbuhan primer .jaringan yang terbentuk dari meristem apikal disebut jaringan primer.
b)meristem samping(lateral)
adalah penyebab adanya pertumbuhan sekunder.meristem ini disebut juga sebagai kambium yang terbentuk dari dalam jaringan meristem yang telah ada pada akar &batang dan membentuk jaringan sekunder pada bidang sejajar dengan akar dan batang .
c). meristem  antara(intercalar).
terletak diantara  meristem primer dan dewasa. contoh tumbuhan yang memiliki meristem ini adalah batang rumput-rumputan(graminae). akibatnya pemanjangan batang lebih cepat ,sebelum tumbuhnya bunga.

Berdasarkan asal bentuknya jaringan meristem dibagi menjadi 2 yaitu:
a).  jaringan meristem primer
merupakan perkembangan lebih lanjut dari pertumbuhan embrio.contohnya: ujung batang dan ujung akar disebut meristem apikal 
b). jaringan meristem sekunder 
jaringan yang berasal dari jaringa dewasa yaitu kambiumdan kambium gabus. menimbulkan pertambahan besar tubuh tumbuhan 

 jaringan meristem primer                                       jaringan meristem sekunder

2. jaringan epidermis (jaringan pelindung)
jaringan ini letaknya paling luar.berfungsi untuk meindungi jaringan dibawahnya/melindungi permukaan tumbuhan .kadang-kadang jaringan ini dilapisi lilin anti air untuk mencegak adanya penguapan yang berlebihan disebut kutikula . penyusunnya adalah sel-sel yang rapat menutupi permukaan tubuh tumbuhan ada juga mengalami modifikasi menjadi duri . 




3.jaringan pengangkut 
jaringan ini berfungsi untuk proses pengangkutan zat-zat di dala tumbuhan. disebut juga jaringan pembuluh .menurut bentuk&sifatnya jaringan ini dibedakan menjadi 2 yaitu ;
a. jaringan floem
berfungsi untuk mengangkut zat makanan hasil fotosintesis dari daun ke seluruh bagian  tumbuhan 
b.jaringan xilem
berfungsi mengangkut air & mineral dari akar ke daun .

4. jaringan penyokong
jaringan ini memiliki dinding yang tebal,oleh karena itu jaringan penyokong berfungsi sebagai penguat/memperkokoh tubuh tumbuhan agar tidak jatuh . Berdasarkan bentuk dan sifatnya, jaringan ini dibagi menjadi 2 yaitu:  
a. jaringan kolenkim
ciri-ciri jaringan kolenkim sebagai berikut .
  1. merupakan jaringan yang paling kuat organ-organ tumbuhan yang hidup menjalankan pertumbuhan
  2. terletak dibawah epidermis batang, tagkai daun, tangkai bunga, dan ibu tulang daun .tetapi tidak terdapat di akar. hanya sedikit saja.
  3. dinding selnya mengandung selulosa, pektin , dan hemiselulosa.
  4. selnya makin tebal di sudut-sudut oleh zat selulosa .
b. jaringan sklerenkim
ciri-ciri jaringan ini adalah sebagai berikut.
  1. hanya terdapat pada organ tumbuhan yang tidak lagi mengadakan pertumbuhan dan perkembangan 
  2. sel-selnya mati 
  3. dinding selnya sangat tebal dan kuat karena mengandung lignin( zat kayu )
sklerenkim terdiri dari dua macam yaitu: 
a). serabut/serat 
serabut/serat sel-selnya panjang ,serabut berasal dari sel -sel meristem .bentuknya seperti pita dengan anyaman menurut pola khas.serabut sklerenkim banyak menyusun jaringan pengangkut dibandingkan dengan yang lain. 
b)sklereid atau sel batu 
sklereid/sel batu ini terdiri dari sel-sel yang pendek. sklereid berbeda dengan serabut yang berasal dari sel meristem,sklereid berasal dari parenkim. sklereid terdapat di berbagai bagian tubuh.selnya membentuk jaringan yang keras ,misalnya seperti tempurung kelapa, kulit biji dan mesofil daun .  
 
ini adalah struktur jaringan kolenkim&sklerenkim

5. jaringan parenkim (dasar )
jaringan dasar pastinya hampir ada disetiap bagian tumbuhan. jaringan parenkim di daun yaitu mesofil (palisade dan spon ).banyak mengandung kloroplas dan tempat terjadinya fotosintesis.jaringan parenkim memiliki ciri-ciri sebagai berikut .
a. berbentuk bulat dan juga besar.
b. letak selnya longgar sehingga mempunyai banyak ruang antarsel . ruang ini digunakan unutk pertukaran gas 
c. tetapi dindingnya tipis dan banyak memiliki vakuola(ruang yang berisi air dan berbagai zat yang terlarut ) untuk menyimpan cadangan makanan .

sumber : LKS ipa terpadu,  http://www.5z5.com/News/?50b949e3114c7ee6http://www.crayonpedia.org/mw/1._Struktur_dan_Fungsi_Jaringan_Tumbuhan_11.1#2.29_Sklerenkim.
                
penulis : fariana nur santi 

0 komentar:

Posting Komentar