Sabtu, 20 November 2010

organ-organ pada tumbuhan

manusia berbeda dengan tumbuhan ,tumbuhan memiliki  sedikit organ daripada manusia. lebih jelasnya lagi saya akan menjelaskanya satupersatu  .organ-organ pada tumbuhan  ada enam  yaitu :akar,batang ,daun, bunga,buah ,dan biji  .
1. Akar
akar merupakan organ yang penting bagi tumbuhan .akar mempunyai fungsi sebagai berikut:
a). alat melekatnya tumbuhan/memperkuat berdirinya tumbuhan 
b). menyerap air,garam,dan mineral dari dalam tanah serta mengalirkan ke batang.
c). sebagai tempat cadangan makanan,misalnya pada wortel.
d). pada tumbuhan lainya sebagai tempat perkembangbiakan vegetatif 
e). pada tumbuhan lain sebagai tempat pertukaran udara ,misalnya pada beringin .
         dicotyledoneae &  monocotyledoneae


akar berkembang membentuk sistem akar.ada dua macam sistem akar yaitu : akar tunggang dan akar serabut.akar tunggang ada pada tumbuhan dicotyledoneae,dan akar serabut ada pada tumbuhan monocotyledoneae.pada ujung akar ada tudung akar yang disebut kalipatra,fungsinya melindungi akar dari tekanan dan gesekan.



 a. epidermis/kulit luar
 fungsinya melindungi bagian dalam  akar. epidermis merupakan lapisan terluar .terdiri dari 1 lapisan sel & tersusun dengan rapat .dinding epidermis tipis dan  bersifat semipermeabel(.
b. korteks/kulit pertama
korteks terdiri dari beberapa lapisan sel parenkim  yang longgar  sehingga terjadinya pertukaran zat
c. endodemis/kulit dalam 
merupakan satu lapisan sel yang membatasi korteks dan silinder pusat . dan mengalami proses  penebalan dari zat gabus.
d. stele/silinder pusat
pada stele terdapat pembuluh angkut yaitu floem dan xilem .stele merupakan bagian dalam akar .air dan unsur hara diserap oleh bulu akar di epidermis,diteruskan ke korteks, menembus endodermis menuju silinder pusat dan akhirnya diangkut oleh xilem ke daun. penyerapan unsur hara ini dilakukan secara osmosis. osmosis adalah pindahnya larutan karena adanya perbedaan konsetrasi melalui membran semipermeabel.adanya perbedaan konsetrasi ini menyebabkan larutan yang ada dalam tanah merebes ke dalam sel tumbuhan melalui membran semipermeabel di epidermis.




2. batang
batang merupakan bagian tumbuhan yang menghubungkan akar dengan daun .bentuknya silindris dan tumbuh tegak diatas tanah . biasanya pada batang ada cabang/ratingnya. 
ada beberapa fungsi batang bagi tumbuhan yaitu sebagai berikut .

  • alat transportasi dari akar ke daun ,dan sebaliknya 
  • tempat berdirinya tumbuhan 
  • sebagai tempat cadangan makanan , contohnya pada tebu &sagu 
  • tempat fotosintesis bagi batang yang berklorofil 
  • alat perkembangbiakan membentuk tunas
ada batang yang tumbuhannya dikotil dan monokotil  yang memiliki perbedaan dalam hal berkas pengangkutan .berkas pengangkutan pada tumbuhan dikotil tersusun melingkar seperti cincin . kalau tumbuhan monokotil berkas pengangkutan tersebar tdak teratur disetiap berkas pengangkutan terdapat floem dan xilem .

batang juga mempunyai bebrapa lapisan yaitu sebagai berikut.
a. epidermis 
fungsinya sebagai pelindung , .pada bagian luar terdapat kutikula yang fungsinya untuk melindungi batang dari kekeringan .
b. korteks
sama seperti akar korteks terdiri dari beberapa lapisan sel yang tidak begitu rapat yang memungkinkan terjadinya pertukaran gas. 
c. endodermis
tesusun atas satu lapisan yang enganung zat tepung yang disebut floeoterma/sarung tepung.
d. stele/ silinder pusat
pada batang dikotil, diantaa floem dan xilem ada kambiu ,tetapi pada batang monokotil tidak ada kambium .kambium keluar membentuk floem / pembulu kulit kayu,sedangkan kedalam membentuk xilem /pembuluh kayu .aktivitas ini digunakan juga untuk menentukan umur pohon .bentuk kabium seperti lingkaran tahun.
kalau musim hujan kambium akan tumbuh dengan cepat  sehingga bentuknya lingkaran lebar. pada musim kemarau, tumbuhnya kecil sehingga bentuk lingkaranya juga sempit .

3. daun 
kalian pastinya tau dong.kalau daun adalah tempat terjadinya fotointesis.fotosintesis terjadinya dipalisade maupun di spon .daun terdiri dari helaian (lamina),tangkai daun ( petiola)dan, pelepah daun (vagina). daun yang mempunyai kriteria tersebut disebut daun sempurna ,apabila ada salah satu bagian yang tiak sempurna disebut daun tidak sempurna .



ada juga beberapa lapisan yang ada di daun yaitu sebagai berikut.
a. epidermis
pada beberapa daun tumbuhan terdapat bulu-bulu halus yang disebut trikoma.pada epidermis terdapat mulut daun/stomata .fungsinya sebagai lalu intas zat yang keluar dan masuk sel .pada tumbuhan darat stomata banyak berada diepidermis bawah daun. sedangkan pada tumbuhan air, stomata banyak terdapat di permukaan atas daun .stomata juga dikelilingi sel penjaga yang fungsinya mengatur pertukaran gas-gas dengan pembukaan dan penutupan stomata. zat ini berperan penting dalam  fotosintesis .

b. mesofil
 di bawah epidermis terdapat  mesofil.menurut betuk selnya , mesofil daun dibagi menjadi dua yaitu sebagai berikut .
1). mesofil palisade ( jaringan pagar )
bentuk selnya panjang dan tersusun rapat , banyak mengandung klorofil sehingga menjadi tempat terjadinya fotosintesis.
2). mesofil spons ( jaringan bunga karang )
bentuk selnya hampir bulat ,tidak rapat, dan sedikit  mengandung klorofil .

4. bunga 



bunga merupakan organ perkembangbiakan pada tumbuhan .bunga terdiri dari beberapa bagian yaitu:
a . kelopak 
berfungsi sebagai penopang mahkota bunga  dan melindungi bunga sebelum mekar (masih kuncup).biasanya berwarna hijau seperti helaian daun. 
b . mahkota
mahkota bunga terdiri dari sel-sel yang disebut nektaria pada bagian pangkalnya . nektaria ini menghasilkan cairan manis dan lengket yang disebut nektar. nektar inilah yang menarik serangga seperti lebah/ hewan lainnya untuk membantu penyerbukan .
c . putik
putik merupakan alat kelamin betina pada bunga .putik tersusun atas kepala putik , tangkai putik dan bakal buah . dibakal buah terjadi pembuahan sehingga menghasilkan biji .
d . benang sari 
benang sari merupakan alat kelamin jantan pada bunga .benang sari terdiri atas kepala sari dan tangkai sari .pada kepala sari terdapat serbuk sari yang merupakan  sel gamet jantan . apabila putik dan benang sari telah masak akan terjadi penyerbukan (polinasi )  , .selanjutnya, terjadi pembuahan ( fertilisasi ) yang akan menghasilkan buah dan biji.

5. buah 
buah terbentuk dari bakal biji . buah sejati adalah buah yang seluruhnya terbentuk dari bakal biji  ,sedangkan sedangkan buah semu adalah buah yang terbentuk dari bagian lain dari bunga .buah semu misalnya buah monyet (Anarcadium occidentale )
buah terdiri atas dinding buah yang sering disebut sebagai perikarp. dinding buah terdiri atas tiga  lapisan .
a. kulit buah (eksokarp )
buah pada tumbuhan ada yang keras contohnya: buah kacang polong  dan ada juga yang lembek/lunak  ada juga buah yang eksokarpnya  seperti selaput lendir ,contohnya anggur dan tomat .biasanya terdapat pada buah yang berdaging.
b. daging buah ( mesokarp )
daging buah merupakan lapisan tengah dibawah lapisan eksokarp dan berdaging tebal . contohnya : buah magga dan pepaya.
c. bagian dalam buah ( endokarp )
endokarp merupakan lapisan paling dalam yang mengelilingi biji. endokarp ada yang tebal ada juga keras,misalnya pad buah kelapa.

6.biji 
biji berfungsi untuk mempertahankan keberadaan jenisnya di alam .biji memiliki bagianya yaitu:
a. kulit biji
kulit biji berbeda-beda loh strukturnya .ada yang tipis seperti  kertas ,tetapi ada juga loh kulit biji yang tebal dan juga keras . kulit biji ini fungsinya untuk melindungi lembaga dan endosperm dari kekeringan,kerusakan mekanik, dan dari serangan serangga ,bakteri,serta bisa juga loh jamur.
b.endosperm
endosperm merupakan jaringan penyimpanan makanan cadangan  bahan utama yang disimpan dalam bijiadalah karbohidrat ,protein,dan juga lemak dong. 
c. lembaga 
setiap biji mengandung lembaga(embrio) yang merupakan calon tumbuhan baru . lembaga terdiri atas akar lembaga ( radikula). daun lembaga (kotiledon ), dan batang lembga ( kaulikula ).bagian ujung bawah akar lembaga disebut hipokotil yang akan membentuk akar primer . ujung atas lembaga disebut epikotil yang akan membentuk batang . sedangkan dikedua sisi membentuk koliledon /daun lembaga yang berfungsi sebagai penyimpanan cadangan makanan . batang lembaga( kaulikula) merupakan cikal bakal batang 

berdasarkan posisi biji terhadap daun buah , tumbuhan dibedakan menjadi :
  • tumbuhan berbiji terbuka ( gymnospermae) ,yaitu apabila biji tidak terbungkus daun buah 
  • tumbuhan berbiji tertutup ( angiospermae),yaitu apabila biji terbungkus daun buah .
nah kalian sudah mengenal kan organ -organ pada tumbuhan. selain itu organ tumbuhan pun dapat mengalami gangguan karena hama dan penyakit .
hama dapat mengganggu kelangsungan hidup tumbuhan .ulat orok-orok merusak daun ketela rambut ,dll.  adapun penyakit tumbuhan, seringkali disebabkan oleh virus ,bakteri atau jamur . penyakit tumbuhan mnyebabkan perubahan fungsi sel atau jaringan tumbuhan . dibawah ini terdapat beberapa penyakit yang sering menyerang tumbuhan . 


Penyebab
Penyakit
Bakteri
Xanthomonas citri
Virus
CVPD ( Citrus Vein Phloem Degeneration )
Virus Mozaik (Tobacco Mozaik Virus )
Virus Tungro

Kanker pada buah jeruk

Menyerang pembuluh tapis pada tanaman jeruk
Menyebabkan mozaik pada daun tembakau
Kerdil pada tanaman padi


penyebab
Penyakit
Jamur
Phytopthora infestans

Phytopthora nicotianae

Phytopthora palmifora

Phytopthora faberi

Menyebabkan busuknya pucuk / daun –daun tanaman kentang
Menyebabkan busuknya pucuk / daun-daun tanaman tembakau
Menyebabkan busuknya pucuk / daun –daun tanaman  kelapa
Menyebabkan busuknya pucuk / daun-daun tanaman karet
     
disamping itu pula kalian bisa menangkap juga ada perbedaan pada tumbuhan dikotil dan monokotil .


                  dikotil                                            monokotil                    
-pada biji berkeping 2                  -      berkeping 1
-tulang daun menjari                     -      sejajar 
-menyirip                                        -       melengkung
pada batang :                                       pada batang :
-berkambium                                 -       tidak teratur                 
-berkas pembuluh                         -       tidak berkambium
- angkat teratur                              -       berkas pembuluh tersebar
-akar tunggang                              -       akar serabut 












terima kasih bagi yang sudah melihatnya .semoga bermanfaat ya... jangan lupa dicatat..

sumber : LKS ipa terpadu ,
                buku ipa ( dari perpustakaan ).
penulis : fariana nur santi 


1 komentar:

F. Shaumiyah mengatakan...

klo gambarnya lebih besar, pasti lebih baguss..biar tulisannya keliatan ;(.
Nice post ;) thx

Posting Komentar