Jumat, 19 November 2010

Sakit Maag

Assalamualaikum. Teman-teman apa kabarnya? Kalau kalian tanya kabarku akan kujawab "aku sedang sakit Maag". Penyakit yang kuderita sejak SD ini sangat menyakitiku, aku tak bisa makan cabe pedas yang kusuka. Memang sakit itu nggak enak ya. Kalian juga pasti bertanya-tanya, aku yang sekarang lagi sakit kok bisa menulis blog? Ya, tangan kananku mengetik dan tangan kiriku memegang perut. 
Kebetulan minggu lalu aku membeli sebuah buku yang berjudul 'Macam-Macam Penyakit dan Obatnya'. Sekarang kita cari tahu tentang sakit Maag ya!


Nah, ini dia salah satu penyakit yang banyak diderita di Indonesia, yaitu sakit maag. Mau buktinya? Silahkan buka facebook sekali-kali dan kalian akan melihat status teman seperti ini,
"Aduh..Maag-ku kambuh"
Apakah kalian juga mengalami sakit maag? Mudahan enggak ya! Nanti seperti aku loh, mengetiknya jadi lamban. Tapi, kalau mengalami penyakit ini sebaiknya kalian menjaga kesehatan lebih baik ya, terutama dengan menjaga agar enggak telat makan dan makan-makanan yang bersih, sehat dan bergizi (ingat juga! jangan jajan sembarangan).
Penyakit maag adalah penyakit yang disebabkan kelebihan kadar asam lambung (HCl) hingga menyebabkan perasaan terbakar, perih atau kembung di ulu hati.

Ada beberapa hal yang menyebabkan terjadinya sakit maag, yaitu:
  • Pola makan yang tidak teratur
  • Gaya hidup yang tidak sehat
  • Stres akan sesuatu
  • Jam tidur yang tidak baik/begadang dan kurang istirahat
  • Merokok, meminum kopi dalam takaran yang besar dan berulang-ulang
  • Meminum minuman beralkohol
Coba tebak apa yang menyebabkan aku sakit maag hari ini? Tadi pagi sepulang sekolah aku langsung memakan mi instan (asal kalian tahu, di dalam mi instan terdapat kandungan MSG yang sangat berbahaya bagi tubuh kita), lalu aku mencoba memakan kedondong & mangga asam yang dibelikan oleh kakakku dan juga, kemarin malam aku memakan empek-empek palembang sangat banyak. Itulah yang menyebabkan aku meraung-raung sampe ingin nangis ini. Mudah-mudahan jadi pelajaran ya untuk teman-teman agar tak melakukan seperti yang diatas.

Bagaimana cara mencegahnya? Sangat gampang! Tapi mungkin sulit bagi orang yang sibuk atau tidak teratur.

Biar kita terhindar dari sakit maag, maka hidup sehatlah dengan makan secara teratur dan tempat waktu (kakakku selalu sibuk hingga lupa makan, maka ibuku menganjurkan untuk menyimpan roti didalam mobilnya agar sempat mengisi perut), cukup istirahat, jaga kebersihan tangan dengan selalu mencuci tangan sebelum makan agar tidak ada bakteri yang menyebabkan penyakit maag.

Ada juga loh obat tradisionalnya, tanpa kedokter, mau dicoba? Ets..ada tapinya..kalian harus lebih detail melihat resep ini supaya nggak salah.

Bahannya: 8 lembar daun jambu biji yang masih segar.
Cara membuat: direbus dengan 1,5 liter air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya.
Cara menggunakan: diminum 3 kali sehari (pagi, siang dan sore).

Oke, itu dulu ya! Aku mau minum teh nih, Assalamualaikum..



Amalia Aswin

0 komentar:

Posting Komentar