Sabtu, 05 Maret 2011

Monarch Si Binatang Nomaden

Ada binatang yang suka pindah dari suatu tempat ke tepat yang lain. Padahal, jika mereka pindah banyak bahaya yang harus dihadapi. Kenapa mereka mau repot dan capek-capek pindah?
Ayo cari jawabanya disini!!! ;D

Di Kanada, terdapat kupu-kupu cantik berwarna oranye dan hitam. Banyak orang mengenalinya, tapi tidak tahu namanya. Namanya kupu-kupu Monarch. Badannya memang kecil...tapi sayapnya sangat lembut...
Setiap bulan Agustus, terjadi keajaiban pada kupu-kupu Monarch. Berbondong-bondong, kupu-kupu ini terbang dari Kanada  ke Meksiko. Hmmm....jarak kedua negara itu sama dengan jarak dari Jakarta ke Jepang. Jauuuuuuuhh sekali..
Kupu-kupu Monarch terbang 80 kilometer setiap hari selama 4 bulan. Mereka pindah hanya untuk menghindari musim dingin di Kanada.
Apakah kupu-kupu Monarch tidak capek pindah sejauh itu? Tentu saja mereka capek. 
Sepanjang perjalanan, mereka menghadapi bahaya hujan badai dan ditabrak mobil manusia. Banyak kupu-kupu Monarch yang mati sepanjang perjalanan pindah ke Meksiko. Untungnya, kupu-kupu Monarch sangat kuat, berani dan diberi umur sampai 9 bulan. Jadi, kupu-kupu Monarch menghabiskan 8 bulan hidupnya untuk perjalanan pergi pulang. Setelah tiba kembali di Kanada, kupu-kupu Monarch baru mati.....;'( Kasian ya.....

Sumber: Bobo

Amalia Aswin

0 komentar:

Posting Komentar