Kamis, 17 Maret 2011

Sehatnya Air Putih

Sebagian besar tubuh kita, sekitar 60% terdiri dari cairan. Untuk mengganti cairan yang terpakai dan terbuang oleh tubuh, kita harus memasukkan cairan baru. Cairan itu bisa didapat dari makanan dan tentu saja minuman.

Air dimana-mana
Air terkandung di aneka makanan kita. Mulai dari sayur, buah dan banyak lagi. Ada yang jumlah kandungan airnya tinggi, ada juga yang rendah. Timun, selada dan sawi mengandung 95%-99% air. Ada juga yang mengandung 100% air. Apakah itu? Air putih dan teh tawar! Tetapi, minum teh malah akan memperbanyak cairan. Yang keluar dari tubuh kita. Itu sebabnya, minum air putih penting. Soalnya, air putih cepat menambah cairan tubuh kita.

Air putih vs air bergula
Ah, air putih itu enggak ada rasanya. Bagaimana kalau diganti dengan minuman yang ada rasanya. Eits, tunggu dulu!
Minuman yang memiliki rasa seperti soft drink, sirup, es mambo, teh manis, dll memang lumayan juga untuk menambah persediaan cairan tubuh. Tapii...pakai gula! Padahal, untuk orang dewasa, jumlah pengunaan gula dalam satu hari paling banyak 2,5-5 sendok makan.
Kalau anak-anak? Kebanyakan gula malah bisa membahayakan kesehatan.
Akan tetapi, kalau minum teh kan gulanya cuma sedikit. Begitu mungkin pembelaan teman-teman. Iya sih emang. Sudah menghitung gula di semur atau sup? Bagaimana dengan gula dikecap yang kita makan? Atau gula di puding buatan mama?

Tips minum air putih: 
-minumlah sebelum haus. Soalnya haus menandakan tubuh kita sudah kekurangan 1% cairan.
-bawa bekal air minum yang cukup. Kalau kurang dan harus beli, tentu beli saja air putih.

Sumber: Bobo


Amalia Aswin

0 komentar:

Posting Komentar