Jumat, 03 Desember 2010

apa sih manfaat sirih ?


sirih.... kalian pasti sudah mengetahui tentang sirih .tapi, kebanyakan orang  tdak menyukai sirih karena dari baunya saja semerbak bila sudah dimasak dan terkadang ada sirih yang pedas dan manis .tapi kalian harus melihat sisi baiknya si sirih ini ya .karena sirih mempunyai manfaat lo....

tetapi sebelumnya sirih ada beberapa jenis seperti sirih jawa (daun lebih lembut, kurang tajam, hijau rumput), sirih belanda (daun besar, hijau tuam rasa dan bau tajam dan pedas), sirih cengkeh (kecil, daun kuning, rasa seperti cengkeh), sirih kuning, dan sirih hitam.

asal kalian ketahui saja sirih mengandung zat yang berkhasiat seperti, minyak atsiri dll.

seperti yang saya bilang sirih mempunyai manfaat seperti :
  • Mempelancar buang air besar, adapun cara penggunaannya jus daun sirih dengan campuran susu dan sedikit gula atau madu sebagai pemanis.
  • Sakit persendian, daun sirih dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan rasa sakit pada saraf, pereda kejang pada otot polos, penekan pengendali gerak dan kelelahan. 
  • Untuk obat batuk, adapun cara penggunaannya, sediakan 15 lembar daun sirih kemudian direbus dengan tiga gelas air hingga tersisa 3/4-nya, minum dengan madu. Obat bronchitis, sebanyak tujuh lembar daun sirih dan gula batu satu potong direbus dengan dua gelas air hingga tersisa satu gelas, minum sehari 3 X 1/3 gelas. 
  • Menghilangkan bau badan, cara penggunaannya sediakan lima lembar daun sirih direbus dengan dua gelas air hingga menjadi satu gelas, minum siang hari.
  • Obat luka bakar : cara penggunannya, sediakan beberapa daun segar diperas airnya, ditambah sedikit madu, bubuhkan di tempat yang luka bakar. Mimisan, daun agak muda satu lembar dilumatkan, digulung untuk menyumbat hidung berdarah. Bisul, daun sirih secukupnya dicuci bersih, digiling menjadi halus, dioleskan pada bisul dan sekelilingnya, dibalut. Sehari diganti dua kali.
  • Mengatasi mata gatal dan merah : cara penggunaan, sediakan lima sampai enam lembar daun kemudian direbus dengan satu gelas air sampai mendidih. Setelah dingin untuk cuci mata. Sehari tiga kali sampai sembuh.
  • Untuk koreng dan gatal-gatal : penggunaannya, sediakan 10 lembar direbus, saat hangat dipakai untuk cuci. 
  • Menghentikan pendarahan gusi : cara penggunaannya sediakan empat lembar daun kemudian direbus dengan dua gelas air, dipakai untuk kumur. Obat sariawan, daun sirih segar sebanyak satu sampai dua lembar dibersihkan, dikunyah sampai lumat, ampasnya dibuang.
  • Untuk menghilangkan bau mulut, sebanyak dua sampai empat lembar daun diremas, lalu diseduh, dipakai untuk kumur. Obat jerawat, tujuh sampai 10 lembar daun sirih ditumbuk sampai halus, kemudian diseduh dengan dua gelas air panas. Airnya dipakai untuk mencuci muka yang berjerawat. Sehari dilakukan dua sampai tiga kali.
  • Obat keputihan, adapun penggunaannya sediakan 10 lembar daun kemudian direbus dengan 2,5 liter air, hangat-hangat dipakai untuk mencuci daerah kewanitaan. 
  • Menyembuhkan luka, adapun cara penggunaannya adalah sebagai berikut ; haluskan beberapa lebar daun sirih kemudian dikompreskan pada luka dengan cara dibungkus sama kain atau perban, biasanya lukanya akan sembuh dalam kurun waktu 2 hari.
nah ,kalau kalian sudah mengetahuinya lebih baik dari sekarang kalian minum sirih .walaupun rasanya pahit .dan jangan menganggap remeh pada sirih ! 

sumber :http://www.anneahira.com/tanaman-obat/sirih.htm

penulis : fariana nur santi 

0 komentar:

Posting Komentar