Rabu, 15 Desember 2010

Makan Buah Dulu Baru Makan





Tahu enggak kenapa kalau pagi waktu belajar kita mudah ngantuk?

 Rahasianya makan buah dahulu sebelum makan nasi atau daging itu bisa mencerdaskan kita. Kebiasaan orang Indonesia kan sebaliknya makan nasi dulu setelah kenyang baru makan buah. Ini kebiasaan yang salah sebaiknya kita rubah. Pantas saja  anak-anak sekolah atau kuliah mudah ngantuk di pagi hari karena kebiasaan salah ini. Sesuai dengan Al Qur`an yaitu: “ Dan buah-buahan dari apa yang mereka pilih, dan daging burung dari apa yang mereka inginkan.”(Q.S. Al Waqi`ah 20-21)

Dalam ayat tersebut Allah swt menerangkan tentang makanan penduduk surga. Yang menarik di sini, bahwa Allah menyebutkan buah-buahan dahulu, baru kemudian daging. 

Buah-buahan dicerna lambung dan selesai hanya dalam waktu 15-20 menit, kecuali pisang, 45 menit. Zat gula di dalam buah ini langsung memberi kita energi instan yang kita perlukan untuk bekerja sejak pagi hari. Karbohidrat (nasi, jagung, mie, roti) kalau dimakan sendiri, tanpa sayur atau lauk, akan memakan waktu dua jam untuk dicerna lambung. Sedangkan protein hewani (ayam, daging, ikan, telur) kalau tidak dicampur yang lain, memakan waktu sekitar 3-4 jam untuk dicerna lambung. Kalau mencampur karbohidrat dengan protein hewani seperti kebiasaan kita di Indonesia,lambung memerlukan waktu lebih dari enam jam untuk mencernanya


Pukul 04.00 - 10.00 tubuh kita melakukan proses pembuangan sisa metabolisme dan sisa-sisa makanan dari usus besar. Kelenjar penghasil enzim pencernaan belum aktif pada jam ini. Itu sebabnya kita dianjurkan makan pagi hanya buah-buahan, sebab buah tidak memerlukan enzim yang lain selain enzim saliva yang ada di mulut kita (makanya kita harus mengunyah buah sampai lumat sebelum menelannya).



by: Rizka Hayati

0 komentar:

Posting Komentar