Kamis, 09 Desember 2010

tentang hewan penyanyi jangkrik (gryllus sp )



tentang jangkrik !

kalian pastinya sudah tau kan si jangkrik yang biasanya kalau malam suka menyanyi?malahan rajin banget si jangkrik ini bernyanyi .cuaca yang paling sering si jangkrik bernyanyi adalah pada saat hujan .suaranya yang nyaring itu menimbulkan sensasi tersendiri bagi kita seolah membawa kita ke jaman dulu...!.  Suara jangkrik akan semakin keras dengan naiknya suhu di sekitarnya.

Seiring dengan bertambahnya waktu, keberadaan jangkrik semakin terdesak dan sulit didapat karena habitat hidupnya semakin sempit. Saat ini orang ramai memelihara jangkrik bukan saja untuk didengarkan keindahan suaranya tetapi untuk keperluan ekonomi, karena harga jualnya yang semakin meningkat. Menurut informasi yang didapat harga per kilogramnya adalah Rp. 30.000,-.Jangkrik adalah hasil budidaya, biasanya digunakan untuk keperluan pakan ikan, burung atau hewan peliharaan lainnya sedangkan untuk konsumsi (ada juga lho orang yang suka makan jangkrik…)...!ihhh siapa yang mau coba ya. tetapi ,  biasanya diolah dulu menjadi kue kering atau cukup dengan digoreng saja....!

saya akan memberitahukan kalian khasiat/manfaat dari si jangkrik ini asal kalian tau saja ya Jangkrik  mengandung 105,49 ppm hormon progesteron dan 259,535 hormon esterogen. hormon itu diketahui baik untuk membangun vitalitas perempuan. Misalnya, bermanfaat untuk pertumbuhan sekunder serta kesuburan, di samping bisa mengurangi rasa nyeri saat menopause dan membuat siklus menstruasi lancar.Jangkrik juga menghasilkan sumber energi 4,87 kalori per gram...! tuh kan , jauh di atas bahan makanan lainnya, data penelitian menyebutkan jangkrik memiliki senyawa kimia seperti asam amino yang dibutuhkan untuk proses pembentukan sel. Selain itu, jangkrik juga mengandung glutation (GSH) dan berfungsi sebagai antioksidan alami pada tubuh manusia
Kandungan proteinnya yang mencapai 57,32 persen (sesuai penelitian Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Sudirman Purwokerto) membuat jangkrik layak untuk dikonsumsi manusia...!hebat kan .


Mau Bikin Kue Jangkrik ?



Begini caranya ; sediakan bahan dasar sbb :

Jangkrik…………………………………1 kg

Tepung Terigu ………………………..1 kg

Tepung Maizena………………………1 kg

Telur …………………………………….. 10 butir

Roombutter/ mentega………………. 0.5 kg

Gula………………………………………. 0.5 Kg

Coklat Bubuk …………………………. 100 gram
Cara membuat:
Jangkrik dihancurkan dengan menggunakan blender hingga lembut, lalu dicampur dengan tepung terigu dan cokelat bubuk. Secara terpisah, dibuat adonan kedua dari telur, room butter, gula dan tepung maizena. Kemudian kedua adonan itu dicampur, digiling, lalu dicetak. Setelah itu dikeringkan dengan oven selama 20 menit. Jadi deh….gmana gan? gampang kan?
mengenai rasa… jangan dibandingin dengan brownies kukus….dijamin beda!!!.

Manfaat Lain
Disamping manfaat yang telah disebutkan diatas, ternyata jangkrik pun mempunyai kegunaan lain. Pernahkan anda merasa frusatasi dengan ulah si moncong tikus?, berbagai cara dilakukan untuk mengusir tikus mulai dari memasang jebakan sampai dengan memberi racun tapi hasilnya tidak memuaskan?
Ya.. karena tikus memiliki insting yang tinggi sehingga mereka akan cepat belajar untuk menghindari jebakan-jebakan yang kita buat ataupun umpan-umpan beracun yang kita pasang.
Ada cara sederhana untuk mengusir tikus, tempatkan 2 atau 3 ekor jangkrik ditempat yang biasa disukai tikus seperti didapur, digudang ataupun di atas langit-langit rumah. Dijamin sang tikus langsung kabur dan tidak betah tinggal di rumah kita. Kenapa demikian? Karena menurut sahibul hikayat tikus tidak menyukai frekwensi suara yang ditimbilkan oleh gesekan-gesekan sayap jangkrik itu…..

nah ini bisa dicoba dirumah ya..... untuk mengusir tikus yang berkeliaran di rumah .

sumber :http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4692711


penulis : fariana nur santi 

0 komentar:

Posting Komentar