Sabtu, 04 Desember 2010

manfaat si pahit sambilonto

Apakah kalian pernah mendengar kata-kata sambilonto .sambilonto merupakan tanaman semak yang mempunyai banyak cabang yang berdaun dan tingginya bisa-bisa mencapai kurang lebih 90 cm .daun sambilonto kecil-kecil berwarna hijau tua dan bunganya itu berwarna putih dan kecil-kecil.dan berkembangbiak sepanjang tahun ,dengan biji maupun dengan cara stek batang . sambilonto banyak ditemukan di daratan asia ,selain indonesia ,sambilonto juga terdapat di india, filipina, vietnam dan malaysia. tanaman yang bernama latin andrographis paniculata ness ini dapat tumbuh subur di daerah tropis dengan ketinggian antara 1- 700 meter di atas permukaan laut .

Di indonesia orang banyak mengenal sambilonto dari mbok jamu gendong, yang biasa disebut dengan nama jamu paitan .sering sekali orang mengonsumsi jamu paitan yang warnanya kehitaman ,kemudian rasa pahitnya diusir dengan minum beras kencur. campuran ini dikenal untuk mengusir masuk angin .
selain membeli dari jamu gendongan ,orang bisa juga mengkonsumsinya dngan cara merebus daunnya .daun yang kering pun tidak kalah manfaatnya bahkan sekarang sudah ada sambilonto dalam bentuk teh celup . bagi yang tidak tahan pahitnya ,orang dapat mengkonsumsinya dalam bentuk kapsul lo....

Berbaga penelitian pun dilakukan baik di dalam maupun diluar negeri ,menemukan bahwa rasa pahit sambilonto mengandung zat aktif androgapholip yang sangat bermanfaat .di india juga sudah lama mengenal tanaman ini untuk memerangi epidemi flu di india tahun 1919 dan terbukti efeknya sambilonto mendapat julukan the "india echinacea".di cina , sambilonto berkhasiat sebagai anti hepapatoksik( anti penyakit hati ) , di jepang sambilonto sebagai obat HIV dan di skandinavia ,sambilonto digunakan untuk mengatasi penyakit infeksi .selain itu sambilonto mempunyai khasiat lainya seperti menurunkan demam, sakit kuning , mengobati luka, mengatasi penyakit hati  .

Dalam rebusan daun kering, dr. sidahajatra menganjurkan dosis sebesar 5 gr ,yang direbus bersama air 2 gelas sampai sisa 1 gelas untuk satu hari (diminum 3x 1/3 gelas ) . jika menggunakan daun yang segar , dosisnya sekitar 30 lembar daun dengan cara yang sama merebus daun kering .bila mengkonsumsi sampai 1500 mg per hari masih dianggap aman .dan untuk meredakan kencing manis juga harus disertai dengan diet rendah karbohidrat dan gula .
selain itu ada juga pendapat dari dr paulus w halim yang berpraktek di BSD city , tangerang, kalau sambilonto dipadukan dengan herbal lainnya seperti temulawak .sambilonto jadi lebih efektif untuk mengobati penyakit saluran pernapasan bagian atas ( ISPA )dan juga berfungsi sebagai imuno stimulator, obat herbal untuk penderita diabetes melitus, dan perangsang nafsu makan terhadap anak-anak .demikian penjelasan dokter dari lulusa italia.....

Anehnya di indonesia sendiri ,sambilonto baru dikenal secara terbatas oleh orang- yang biasa minum jamu .dibandingkan meminum antibiotik yang memiliki efek sampingnya  kurang baik dan harganya biasanya mahal kan ...! lebih baik minum sambilonto dan jika negara-negara lain seperti skandinavia, jepang, cina, sudah mengkonsumsi sambilonto , tentunya tidak ada alasan bagi kita bangsa indonesia penghasilnya   tidak  mengkonsumsi sambilonto ?

sumber : http://resepherbal.e-salim.com/2009/11/sambiloto-si-pahit-berkhasiat-selangit/

penulis :fariana nur santi 

0 komentar:

Posting Komentar