Kamis, 02 Desember 2010

persendian ( artikulasi )

Assalamualaikum 
selamat siang temen-temen .kali ini saya akan menjelaskan tentang persendian .nah siap yang tau apa yang dimaksud dengan persendian ? selain itu dibagi menjadi berapa ?apa maksudnya? ya banyak lah pertanyaan .....lagipula bagi temen-temen  yang kelas VIII  pastinya sudah mengenal dan  yang dimaksud dengan sendi/persendian.nah sekarang ini saya akan menjelaskan kembali tentang sendi/persendian. begini sendi adalah pertemuan dua buah /beberapa tulang.contohnya seperti kaki..... tanpa adanya sendi, kaki tidak dapat bergerak maupun berlari.sendi juga dibagi beberapa macam yaitu :


sinarthrosis 
adalah persendian yang tidak memungkinkan/sedikit adanya gerakan. sinarthrosis dibagi lagi menjadi 2 golongan yaitu  :  
a. sinfibrosis( sendi mati )adalah sinarthrosis yang tulangnya dihubungkan dengan jaringan ikat serabut sinfibrosis terdapat pada tulang-tulang penyusun tengkorak .
b. sinkodrosis ( sendi kaku ) adalah sinarthrosis yang tulangnya dihubungkan dengan tulang rawan . dan terdapat pada ruas-ruas tulang belakang dan hubungan tulang rusuk dengan dengan tulang dada.

diarthrosis ( sendi gerak )
persendian yang memungkinkan adanya gerak .dan dibagi menjadi lima:
a. sendi peluru
 merupakan persendian yang memungkinkan gerakan ke segala arah . dan terdapat pada pada hubungan antara gelang bahu dengan tulang lengan atas dan hubungan antara gelang panggul dengan tulang paha . 




b. sendi engsel 
merupakan persendian yang memungkinkan gerakan ke satu arah. dan juga terdapat pada siku dan lutut .







c. sendi pelana


 merupakan persendian  yang memungkinkan gerakan ke dua arah. dan  terdapat pada ujung tulang antara ibu jari tangan dan tulang telapak tangan .




d. sendi putar 
merupakan persendian yang memungkinkan anya gerakan memutar /rotasi seperti bumi kita saat ini. dan terdapat pada hubungan antara tulang tengkorak dengan tulang atlas serta hubungan antara tulang pengupil dengan tulang hasta. 


e. sendi geser 
merupakan persendian yang memungkinkan terjadinya gerakan bergeser. persendian ini terdapat pada ruas-ruas tulang belakang . 







amfiartrosis
amfiartrosis dalam bahasa indonesianya adalah sendi kaku adalah hubungan antar tulang yang memungkinkan adanya gerakan secara terbatas, contohnya : adalah tulang pergelangan tangan  .









dan begitu lah tentang persendian semoga bisa bermanfaat ya.....


sumber : LKS ipa ,http://tfakhrizalspd.wordpress.com/2009/08/24/tipe-persendian/ ,http://musyawarahipa.wordpress.com/2010/06/16/macam-macam-organ-penyusun-sistem-gerak-2/,http://malghi-dontworrybehappy.blogspot.com/2009/11/sitem-gerak-manusia.html

penulis : fariana nur santi 

1 komentar:

Adielafa mengatakan...

kak pengertian artikulasi kok gaada sih ?? engak ada atau sayang yang kurang jeli ya kak ? makasih sblmnya

Posting Komentar