Rabu, 15 Desember 2010

Rahasia Lebah Penghasil Antibiotik Canggih



Jika ada makhluk kecil jenius, yang mungkin saja mengalahkan kehebatan manusia dalam menciptakan zat antibiotik, dialah lebah atau tawon. Bayangkan saja, sebelum Alexander Fleming menemukan Penisilin, jutaan tahun sebelumnya lebah sudah menggunakannya.

Ya, Penisillin-lah, rahasia zat imun, pembunuh bakteri berbahaya yang dihasilkan lebah selain madu yang selama ini kita manfaatkan. Rahasia zat Pensilin yang digunakan lebah, terungkap ketika lebah selama ini sukses melindungi larvanya dari infeksi.

Seperti dilansir dailymail.co.uk, lebah atau tawon masuk dalam keluarga Philanthus yang juga dikenal sebagai ”beewolves”. Hewan jenius ini, dengan cerdiknya telah memanfaatkan bakteri menguntungkan dalam pembuatan ramuan obat berupa Penisilin untuk menangkal infeksi.

Penggunaan antibiotik berupa Penisilin, sudah diklaim ditemukan oleh Alexander Fleming pada tahun 1928. Fleming menemukan adanya zat Pensilin ketika meneliti proses jamur hijau yang mampu membunuh bakteri.
Padahal, jauh sebelum penemuan menggemparkan itu, lapisan kepompong lebah Philanthus telah lebih dulu menghasilkan antibiotik untuk melawan mikroba berbahaya. Dengan fakta ini, temuan Fleming bisa saja terbantahkan sebagai ilmuwan pertama yang mengklaim menemukan zat Penicilin.









by: Rizka Hayati

0 komentar:

Posting Komentar