Rabu, 08 Desember 2010

Atom,Molekul ,dan Ion

apakah kalian tau,kehidupan di seluruh dunia ini berhubungan engan materi .contoh materi yang biasanya ada disekitar lingkungan sekitar adalah logam ,air ,udara, bahka tubh manusia juga loh .sebelumnya apa kalian tau yang dimaksd dengan materi itu apa ? .materi adalah sesuatu yang memiliki massa dan menempati ruang.apakah materi partikel itu? apakah kalian tau?.begini semua pertikel tersusun atas butiran-butiran kecil yang tidak dapat dilihat denga mata telanjang , butiran-butiran kecil yang masih memiliki sifat dari materi ini disebut partikel materi . ada tiga macam partikel materi yaitu atom ,molekul ,dan ion 


1. Atom 
jika sebuah potongan besi dipotong menjadi dua ,potongan tersebut masih memiliki sifat dari besi  itu . jika dipotong lagi potongan tersebut masih memiliki sifat dari si besi itu lagi dan seterusnya ... hingga potongan tersebut tidak dapat lagi dipotong karena terlalu kecil.tetapi masih memiliki sifat si besi itu .jadi ,atom adalah bagan terkecil dari suatu unsur yang memiliki sifat unsur itu . contohnya seperti : natrium ,kalium , dan tembaga.
selain itu juga para ilmuan juga menggambarkan bentuk atom dalam sebuah model atom. model atom pertama kali dikemukakan oleh seorang guru kimia dari inggris yang bernama John Dalton (1766-1844) yaitu sebagai berikut.
  • setiap materi terdiri atas pertikel terkecil yang disebut atom
  • unsur adalah materi yang terdiri dari atom sejenis
  • atom-atom satu unsur sama tapi berbeda dengan atom unsur lain 
  • senyawa adalah materi yang terdiri atas dua jenis atom/ lebih dengan perbandingan tertentu
  • reaksi kimia adalah penataan ulang atom-atom
ini hal penting yang harus diingat bahwa atom-atom dalang keadaan menyendiri atau tunggal tidak memiliki sifat tertentu,seperti warna,wujud, massa jenis, daya hatar listrik , titik didih ,titik leleh , dll.dan unsur-unsur logam yang seperti natrium, kalsium ,tembaga ,emas, dan besi dalam keadaan bebas tersusun atas partikel terkecil materi yang termasuk ke dalam golongan atom .selain unsur logam ada juga unsur bukan logam seperti neon (Ne),argon(Ar), kripton(Kr), xenon (Xe) dll. untuk lebih jelasnya lagi dibawah ini adalah tabel periodik .
struktur atom
partikel terkecil yang tidak dapat lagi dibagi ( atom), didalamnya terdapat bagian-bagian penyusun atom yaitu proton, elektron , dan neutron , menurut born , proton dan neutron bergabung membentuk inti atom ( nekleus ) . sedangkan elektronnya mengelilingi inti atom tersebut seperti gambar dbawah ini.

proton bermuatan positif sedangkan neutron bermuatan netral ,dan elektron bermuatan negatif .atom-atom yang sama memiliki jumlah proton dan elektron tertentu yang membendakan dengan atom unsur lainnya . misalnya seperti satu atom oksigen memiliki 8 proton dan 8 elektron .

2.Molekul
apakah kalian tau molekul itu ?apakah molekul itu sama dengan atom? . tentunya tidak ,moleku adalah partikel yang merupakan gabungan dari dua atom/lebih .molekul dituliskan sebagai rumus kimia yang menunjukkan jenis dan banyak atom penyusun molekul tersebut .selain itu juga molekul merupakan partikel penyusun senyawa. sebagai contohnya adalah ,gas karbon dioksida hasil pembakaran mengandung berjuta-juta molekul karbon dioksida. rumus kimianya adalah  CO2. hal ini berarti tiap molekul karbon dioksida mengandung satu atom karbon dan dua atom  oksigen .
a. molekul unsur 
adalah gabungan ari unsur-unsur sejenis .unsur pembentu molekul unsur adalah unsur nonlogam. contoh molekul unsur gas hidrogen H2, gas oksigen O2 .
b. molekul senyawa
merupakan gabungan dari unsur-unsur yang tidak sejenis . contoh molekul senyawa adalah air H2O, karbon dioksida CO2  dan gula C6H12O6
c. apa sih perbedaan molekul unsur dan senyawa?
perbedaan molekul unsur dan molekul senyawa adalah terletak pada jenis atom penyusunnya . molekul unsur  terdiri dari gabungan unsur -unsur sejenis dan merupakan unsur nonlogam .sedangkan molekul senyawa terdiri atas unsur yang itdak sejenis .unsur yang tidak sejenis dapat berupa unsur logam dan nonlogam .
d. molekul dalam kehidupan sehari-hari 
 < air
air merupakan salah satu komponen penting dalam tubuh manusia .apabila manusia kekurangan air maka akan mengalami dehidrasi yang dapat menyebabkan kematian . air memiliki sifat yang dapat melarutkan semua senyawa nonorganik  sehingga air dinamakan pelarut universal . air tersusun atas 1 atom oksigen dengan 2 atom hidrogen .
< oksigen 
oksigen dihasilkan dari hasil fotosintesis .oksigen dalam kamar berupa gas yang memiliki sifat tidak berbau, reaktif, sehingga mudah  bereaksi dengan unsur lain .
< metana
apa kalian tau yang dimaksud dengan metana ? metana merupakan gas alami yang sering digunakan sebagai masyarakat untuk memasak gas metana memiliki sifat tidak berbau dan mudah terbakar. 

3. Ion
selain atom bergabung membentuk molekul ,atom dapat membentuk ion. ion adalah atom yang memiliki muatan listrik .ada 2 jenis muatan ion ,yaitu muatan positif yang biasa disebut kation dan muatan negatif yang disebut anion .kation terbentuk karena elektron pada atom tersebut berpindah ke atom yang lain .sedangkan anion terbentuk karena atom tersebut menerima elektron dari atom yang lain.senyawa yang terbentuk dari kation dan anion disebut senyawa ionik . contoh ion :H+, Na+,Cl-,dll. senyawa ini memiliki titik didih yang lebih tinggi . hal ini karena kimia yang terjadi antara positif dan negatif sangat kuat sehingga untuk memutuskannya diperlukannya energi yang besar.

semoga informasinya bermanfaat.... ya 

sumber: LKS ipa 

penulis : fariana nur santi 





0 komentar:

Posting Komentar