Jumat, 31 Desember 2010

Besi-Besi di Bintang

Hayooo...coba tebak, menurut kalian besi asalnya darimana? Pernahkah kalian berpikir bahwa besi berasal dari bintang di langit? Hehehe..betul, besi itu berasal dari bintang di langit loh. Besih dibuat di bintang melalui reaksi nuklir. Sebuah bintang butuh waktu milyaran tahun untuk membuat besi.



GlitterFly.com - Customize and Share your imagesSayangnya, bintang hanya sempat membuat besi dalam jumlah sedikit. Karena setiap kali bintang menghasilkan besi, maka sudah pasti bintang bintang itu akan meledak. Ledakan bintang ini tersebar jadi debu-debu di antariksa yang akan memadat dan menggumpal menjadi aneka planet, meteor, dan bulan. Termasuk, Planet Bumi.

Karena jumlah besi yang terbentuk di bintang sangat sedikit. Manusia harus menggali berton-ton tnaah di Bumi untuk mendapatkan 1 gram besi.

Cadangan besi di Bumi juga semakin lama semakin sedikit. Sebab, Bumi tidak bisa menghasilkan besi sendiri. Itu sebabnya, besi termasuk kekayaan Bumi yang tidak dapat diperbaharui. Para ilmuwan di NASA bermimpi bisa menggali besi di bulan, planet Mars, atau meteor.


Sumber: Bobo

Amalia Aswin

0 komentar:

Posting Komentar